Home » » Menyenangi dan Mempraktikkan Pembibitan Tanaman

Menyenangi dan Mempraktikkan Pembibitan Tanaman

Written By Unknown on Sabtu, 03 Agustus 2013 | 09.58



Kita semua harus menyenangi kegiatan pembibitan tanaman. Mengapa? Karena hal ini merupakan tindakan terpuji. Hal ini juga membantu dalam perkembangbiakan tanaman. Selain itu, tumbuhan termasuk makhluk ciptaan Tuhan. Tuhan pasti senang jika manusia memelihara salah satu ciptaan Tuhan. Manusia juga sangat bergantung pada tumbuhan sebagai salah satu sumber bahan pangan.
Apabila kita menyenangi kegiatan pembibitan tanaman maka kita akan mau mempraktikkan kegiatan pembibitan tanaman. Kita dapat melakukan pembibitan tanaman di rumah atau di sekolah bersama teman atau keluarga.
Bibit yang akan di tanam harus sehat, tidak ada akar yang rusak dan bebas dari hama, serta jika bibit diambil dari biji maka harus diambil dari biji yang cukup tua. Kegiatan pembibitan yang baik dapat dilakukan dengan hal-hal berikut.
  •      Tanamlah benih yang kecil sedalam 2 cm sedangkan untuk benih yang besar sedalam 3-4 cm. perhatikan media tanamnya.
  • Siram benih setiap hari.
  • Jangan menanam benih terlalu bannyak dalam satu pot karena ketika benih tumbuh diperlukan ruang untuk pertumbuhan akar.
  • Sediakan naungan selama minggu awal.
Pembibitan tanaman bisa dilakukan terhadap semua jenis tanaman, seperti tanaman hias, tanaman buah, tanaman sayur dan tanaman penghijauan. Salah satu contohya adalah pembibitan angsana sebagai tanaman penghijauan. Pembibitan angsana dapat dilakukan dengan cara:
a)      Semaikan biji angsana terlebih dahulu di tempt persemaian, pot, atau polybag
b)      Tanam biji pada bak tanam (bedengan) dan biasanya akan segera tumbuh
c)       Bila sudah mencapai ketinggian kira-kira 35-50 cm dan telah cukup kuat, bibit-bibit ini sudah dapat ditanam di tempat penanaman
Apabila kita akan melakukan pembibitan melalui cangkok maka dapat dilakukan dengan skema berikut:
  1. Mengupas kulit batang
  2. Membuka kanntong plastic berisi media.
  3. Cabang yang dikupas kulitnya dimasukkan ke dalam kantong media
  4. Teknik pencangkokan telah selesai
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. welcome to my ordinary blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit by Tutorial Updates
Proudly powered by Blogger