Home » » Perusakan Lingkungan

Perusakan Lingkungan

Written By Unknown on Sabtu, 03 Agustus 2013 | 14.59

Perusakan lingkungan adalah tindakan yang menimbulkan perubahan langsung atau tidak langsung terhadap sifat fisik dan sifat hayati lingkungan. Perubahan yang terjadi tersebut mengakibatkan lingkungan tidak dapat berfungsi lagi dalam menunjang kehidupan makhluk hidup.
  1. Perubahan langsung
    Perubahan dikatakan bersifat langsung apabila tindakan yang dilakukan denan segera menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan. Sebagai contoh adalah penggundulan hutan yang dengan segera merusak ekosostem hutan termasuk di dalamnya kehidupan hewan dan tumbuhan.
  2. Perubahan tidak langsung
    Dikatakan tidak langsung apabila butuh waktu beberapa lama sampai terjadi kerusakan lingkungan dan dampaknya mulai terasa oleh makhluk hidup dan lingkungan. Contohnya adalah perburuan hewan yang dapat mengakibatkan terjadinya kelangkaan hewan setelah beberapa lama.
Perusakan lingkungan mengakibatkan lingkunngan tidak dapat memenuhi secara optimal kebutuhan hidup manusia. Lingkungan juga tidak dapat berfungsi lagi dalam menunjang kehidupan berkelanjutan. Jika lingkungan telah rusak, maka seringkali SDA yang ada di lingkungan menjadi rusak dan tidak dapat dimanfaatkan atau diolah lagi.
Disadari atau tidak, kegiatan manusia adalah memanfaatkan alam seringkali berujung pada perusakan lingkungan. Meskipun manusia sadar bahwa kegiatan yang dilakukannya dapat merusak lingkungan, manusia tetap saja melakuka tindakan tersebut. Pemerintah pun seringkali kewalahan menghadapi perilaku sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab yang merusak lingkungan hidup. Hal ini menyebabkan kerusakan lingkungan terus berlanjut.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. welcome to my ordinary blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit by Tutorial Updates
Proudly powered by Blogger