Home » » Persyaratan Pembibitan

Persyaratan Pembibitan

Written By Unknown on Minggu, 28 Juli 2013 | 01.42

Jika kita akan melakukan pembibitan tanaman ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya adalah:
  • Lokasi pembibitan
    Lokasi pembibitan yang baik haruslah merupakan lahan datar dan sistem pengairan yang baik. Tidak lupa lokasi pembibitan harus teduh dan terlindunga dari ternak agar bibit tidak rusak. Lokasi pembibitan juga harus dekat dengan sumber air dan airnya tersedia sepanjang tahun, terutama pada saat musim kemarau. Luas lokasi pembibitan disesuaikan dengan kebutuhan produksi bibit. Buatlah sisitem lokasi pembibitan yang terpusat sehingga memudahkan dalam perawatan dan pengawasan sehari-hari.
  • Kesuburan tanah
    Kesuburan tanah diperlukan jika akan membuat kebun koleksi pohon induk dan kebun persemaian batang bawah. Hal ini sangat penting terutama dalam pertumbuhan dan produktifitas tanaman agar lebih optimal. Selain itu, kesuburan tanah juga akan menunjang kemudahan dalam memperoleh media semai dan media tanam seperti polybag. Bagaimanapun tanah yang subur lebih baik daripada mengusahakan tandah yang tandus untuk disuburkan.
  • Kondisi iklim
    Iklim berkaitan dengan cuaca, suhu, kelembaban.Setiap daerah memiliki kondisi iklim yang berbeda-beda sehingga tidak semua tempat sesuai untuk kebun pembibitan. Daerah yang ideal untuk lokasi pembibitan adalah daerah dengan suhu udara sejuk dan memiliki curah hujan cukup.
  • Sumber daya manusia
    Untuk membuat kebun pembibitan tanaman diperlukan sumber daya manusia yang terampil, rajin, dan cinta tanaman.
  • Media tumbuh
    Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian dalam mengelola penbibitan tanaman adalah media tanam atau media tumbuh agar menghasilkan bibit yang baik. Syarat media tumbuh yang baik adalah ringan, murah, mudah didapat, gembur, dan subur (kaya unsur hara). Komposisi media tanam untuk mengisi polybag dapat menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan aturan perbandingan 1 : 1 : 1
Untuk pembibitan yang baik jangan menanam terlalu banyak benih dalam datu pot. Ketika benih tumbuh, mereka perlu ruang untuk pertumbuhan akar. Lakukan juha sterilisasi pupuk kandang sebelum digunakan untuk campuran media bertujuan membunuh penyakit, cendawan, bakteri, biji gulma, nematoda, dan serangga tanah.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. welcome to my ordinary blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit by Tutorial Updates
Proudly powered by Blogger