Home » » Menyenangi dan Melaksanakan Pola Hidup Sederhana

Menyenangi dan Melaksanakan Pola Hidup Sederhana

Written By Unknown on Sabtu, 03 Agustus 2013 | 17.05

Hidup sederhana dapat dilakukan oleh semua orang. Yang kaya dan yang kekurangan juga bisa melaksanakan hidup sederhana. Langkah awal menerapkan hidup sederhana dimulai dengan menyenangi pola hidup sederhana.

Bagaimana cara menyenangi pola hidup sederhana? Cara yang termudah adalah dengan mengetahui bahwa hidup sederhana memberikan manfaat pada manusia dan lingkungan.

Bagi manusia hidup sederhana dapat membuat kita rajin menabung. Dengan rajin menabung maka kita akan memiliki sisa uang yang dapat digunakan pada saat penting atau darurat. Sedangkan bagi lingkungan bermanfaat untuk menjaga kelestrian lingkungan sekitar.

Cara yang lain ialah menanamkan pada diri kita bahwa lingkungan bukan warisan dari nenek moyang. Namun, lingkungan adalah titipan dari generasi yang akan datang. Dengan demikian, pengguanaan SDA harus dihemat sehingga lingkungan tetap lestari sehingga kita bisa hidup sederhana menggunakan barang dengan bahan baku dari lingkungan.

Setelah mengetahui manfaat yang diperoleh maka akan timbul rasa senang terhadap pola hidup sederhana. Kita merasa senang karena memperoleh manfaat dari hidup sederhana. Dengan menyenangi pola hidup sederhana maka kamupun akan mau melaksanakan hidup sederhana dalam keseharian.

Melaksanakan hidup sederhana dapat diterapkan dalam hal-hal berikut ini :
1. Hemat energi listrik
semua peralatan yang ada dirumah kita, sebagian besar merupakan alat elektronik. Kita harus menghemat energi listrik. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilkukan untuk menghemat energi listrik :
A. lampu penerangan
menggunakan lampu dengan bijak dan tepat adalah hal yang penting, hal ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
a. gunakan lampu hemat energi
b. matikan lampu bila sudah tidak diperlukan
c. matikan lampu bila sudah terang di pagi hari dan hidupkan lampu bila benar-benar sudah gelap di sore hari.
B. alat elektronik
menggunakan alat elektronik hanya jika diperlukan dapat mengurangi tagihan  listrik banyak alat elektrinik yang membutuhkan energi listrik besar sehingga menggunakannya pun harus dibatasi

2. Hemat air
air termasuk SDA yang dapat diperbaharui namun persediaan air bersih harus selalu dijaga. Oleh karena itu, kita harus hemat menggunakan air

3. Hemat bahan bakar minyak
bahan bakar minyak berasal dari minyak bumi yag terbentuk jutaan tahun yang lalu, minyak bumi termasuk SDA yang tidak dapat diperbaharui. Bahan bakar minyak disebut juga sumber energi fosil.
saat ini persediaan minyak bumi semakin menipis sedangkan pembentukan minyak bumi memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu, penggunaan bahan bakar minyak harus sangat hemat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. welcome to my ordinary blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edit by Tutorial Updates
Proudly powered by Blogger